Definisi Konseptual / istilah

DEFINISI KONSEPTUAL/ISTILAH

Pengertian
Definisi istilah memberikan penjelasan mengenai istilah-istilah yang diguna-kan agar terdapat kesamaan penafsiran dan terhindar dari kekaburan. Istilah-istilah yang didefiniskan adalah istilah yang berkaitan dengan konsep-konsep pokok yang terdapat pada variabel penelitian. Definisi istilah idsampaikan secara langsung (bu-kan kutipan, tidak perlu diuraikan asal usulnya) dan lebih dititikberatkan pada pe-ngertian yang diberikan oleh peneliti sendiri. Kutipan-kutipan masuk pada bagian ka-jian teori.

Contoh
1. Pengertian/konsep tentang “belajar”
Belajar adalah suatu aktifitas yang dilakukan seseorang untuk me-ningkatkan kemampuannya agar tercapai tujuan yang diinginkan. Aktifi-tas belajar meliputi: membaca, menulis, memperhatikan, mendengarkan, dsb. Kemampuan meliputi: pengetahuan, keterampilan dan sikap.

2. Konsep tentang “semangat kerja”
Semangat kerja yaitu kejiawaan dan perasaan dari individu maupun kelompok terhadap lingkungan kerjanya yang tercermin adanya minat, gai-rah, dorongan, hubungan kerja yang kompak dan harmonis.

3. Konsep tentang “motivasi”
Semangat kerja yaitu keseluruhan pemberian penggerak bekerja dari atasan kepada bawahan sedemikian rupa sehingga mereka maup bekerja dengan penuh kesadaran, memberikan yang terbaik baik dari segi waktu maupun keahliannya demi tercapainya tujuan.

4. Konsep tentang “kepemimpinan”
Kepemimpinan yaitu kemampuan pemimpin dalam mempengaruhi dan menggerakkan bawahannya sedemikian rupa sehingga bawahannya bergairah bekerja, bersedia kerjasama, berdisiplin tinggi demi tercapai-nya tujuan yang diinginkan bersama.

5. Konsep tentang “kondisi fisik tempat kerja”
Kondisi fisik tempat kerja yaitu suasana lingkungan fisik tempat ker-ja tempat para pegawai melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti kea-daan penerangan/cahaya, keadaan udara, keadaan suara, dan keadaan perlengkapan kerja.

0 komentar: